Author Guidelines

Secara umum struktur penulisan artikel ilmiah Jurnal EDUCARE: Journal of Primary Education harus mengikuti prosedur di bawah:

(Judul Artikel, Sekitar 16 Kata, dengan font Times New Roman 16, spasi 1)

Nama Penulis Pertama (Times New Roman 14)
(Institusi/Universitas) (Times New Roman 11, spasi 1
Alamat e-mail (Times New Roman 11, spasi 1)
Nama Penulis Kedua, dan seterusnya (Times New Roman 14)
(Institusi/Universitas) (Times New Roman 11, spasi 1
(Alamat e-mail (Times New Roman 11, spasi 1

Abstrak (Times new Roman 12, Spasi 1)
Abstrak memberikan gambaran mengenai penelitian yang dilaksanakan, ditulis lengkap dan jelas. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, diketik dalam 1 paragraf 1 spasi maksimal 250 kata, berisi tentang pokok-pokok penelitian meliputi: rumusan masalah penelitian, metode dan hasil penelitian. Abstrak harus dapat menggambarkan bagaimana penelitian yang dilakukan dapat berkontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan dasar.
Kata Kunci (Times New Roman 12)
Kata kunci harus menghindari istilah umum. Kata atau istilah dalam judul tidak boleh dijadikan kata kunci. Kata kunci ini akan digunakan untuk keperluan pengindeksan. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dalam format bold dan italic (cetak tebal dan miring), tanda titik koma (;) dan merupakan substansi dari penelitian yang dilakukan maksimal 4 kata.

PENDAHULUAN;

PENDAHULUAN (Times New Roman 12, Bold, Spasi 1,5)Penulis harus mengikuti aturan penulisan, baik dari segi jenis huruf, ukuran, tata-letak, banyaknya kata, sistematika dan penulisan rujukan. Yang tidak kalah penting adalah bahwa tulisan mengikuti Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) Bahasa Indonesia, menggunakan kosakata yang tepat dan mengikuti kaidah ilmiah dengan baik dan benar. Bagian pendahuluan dalam penulisan artikel Educare: Journal of Primary Education berisi: (1) permasalahan penelitian yang diteliti;  (2) dialog konsep/teori dan realitas masalah dalam penelitian; (3) konteks rumusan penelitian; (4) kajian teoritik yang relevan berkaitan dengan masalah yang relevan dengan masalah diteliti oleh peneliti. Penulisan artikel menggunakan perangkat lunak Microsoft Word. Gunakan menu Page Layout untuk menentukan ukuran kertas yang digunakan yaitu A4, margin atau batas kanan, kiri, atas dan bawah menggunakan pilihan normal (4 cm). Spasi 1,5. Jenis huruf yang digunakan adalah Times New Rowman ukuran 12.
Secara keseluruhan, badan artikel berjumlah antara 5000 sampai 6000 kata, termasuk daftar pustaka. Sistematika penulisan terdiri atas pendahuluan, metode, hasil temuan penelitian dan pembahasan temuan penelitian, kesimpulan dan daftar pustaka.

METODE PENELITIAN;

Metode Penelitian (Times New Roman 12, Bold, Spasi 1,5). Pada bagian ini dijelaskan bagaiamana tentang metode penelitian itu dilakukan seperti (1) rancangan penelitian; (2) populasi dan sampel (sasaran penelitian); (3) teknik pengumpulan data dan pengembangan instrumen; (4) dan teknik analisis data penelitian.
Apabila ada rumus-rumus statistika yang digunakan oleh penulis sebagai bagian dari metode penelitian, sebaiknya rumus yang sudah umum digunakan tidak ditulis. Apabila ada ketentuan spesifik yang ditetapkan oleh peneliti dalam rangka mengumpulkan dan menganalisis data penelitian dapat dijelaskan pada bagian metode ini. Penulis disarankan menyampaikan sumber rujukan atas metode yang digunakan.

HASIL DAN PEMBAHASAN TEMUAN;

HASIL TEMUAN
Pada bagian ini, dijelaskan tentang hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti yang dtemukan dilapangan dan disertai dengan narasi (pembahasan) yang sesuai dengan hasil tersebut. Hasil penelitian dapat disajikan dalam bentuk tabel, gambar, grafik.
Untuk penelitian kualitatif, bagian hasil memuat bagian-bagian secara rinci dalam bentuk sub topik-sub topik yang berkaitan langsung dengan fokus penelitian dan kategori-kategori.
 PEMBAHASAN TEMUAN
Pembahasan temuan dalam artikel bertujuan untuk: (1) menjawab rumusan masalah dan pertanyaan-pertanyaan penelitian; (2) menunjukkan bagaimana temuan-temuan itu diperoleh; (3) menginterpretasi/menafsirkan temuan-temuan; (4) mengaitkan hasil temuan penelitian dengan struktur pengetahuan yang telah mapan; dan (5) memunculkan teori-teori baru atau modifikasi teori yang telah ada.

SIMPULAN

Simpulan menyajikan ringkasan dari uraian singkat hasil dan pembahasan temuan, mengacu pada focus penelitian/kajian. Berdasarkan kedua hal tersebut dikembangkan pokok-pokok pikiran baru dari analisis pembahasan temaun penelitian yang merupakan esensi dari temuan penelitian menjadi saran untuk peneliti selanjutnya.

PENULISAN FOOTNOTE

Pengutipan refrensi menggunakan catatan kaki (footnote) yang mengacu pada format Chicago Manual of Style 17th edition (full note). Perujukan dalam artikel menggunakan model footnote dengan memprioritaskan kebaruan sumber referensi dan memerhatikan kekhasan referensi yang dirujuk, seperti buku, buku terjemahan, buku berjilid/bervolume, buku bunga rampai, artikel dalam Ensiklopedia artikel jurnal versi cetak, artikel dalam website (internet), artikel dalam media massa (majalah atau surat kabar), artikel dalam internet, skripsi, tesis, disertasi, kitab suci, wawancara, maupun observasi di lapangan.

 Contoh Foot Note:

F. Chalmers, Apa itu yang Dinamakan Ilmu? Suatu Penilaian tentang Watak dan Status Ilmu serta Metodenya, terj. Redaksi Hasta Mitra (Jakarta: Hasta Mitra, 1983), 26.
Nadîm Marghalî dan Usâmah Marghalî, al-Murshid ilâ Kanz al-‘Ummâl fî Sunan al-Aqwâl wa al-Af‘âl, Vol. 1, H}adîth ke-2454 (Beirut: Muassasat al-Risâlah, Cet. Ke-3, 1989), 121.
Samsu Rizal Panggabean, “Dîn, Dunyâ, dan Dawlah” dalam Taufik Abdullah, dkk (eds.), Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, Vol. 6 (Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve, t.th.), 50.
Faisol, “Interpretasi Kisah Nabi Musa Perspektif Naratologi al-Qur’an”, Islamica: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 11, No. 2 (Maret 2017), 365.
Muhammad AS Hikam, “NU dan Gerakan Civil Society di Indonesia”, Suara Pembaruan, 03 Agustus 1994, 1.
Hâshim Sâlih, “Jamâl al-Bannâ bayn al-Is}lâh} al-Dînî wa al-Tanwîr” dalam www.assyarqalawsat .com/24 Mei 2004 /diakses 20 Juni 2008.
Thoha Hamim, “Moenawar Chalil’s Reformist Thought: A Study of an Indonesian Religious Scholar (1908-1961), (Disertasi--McGill University, 1996), 81.
Q.S. al-Fâtih}ah [1]: 4.
Muhammad Zaki, Wawancara, Jember 15 Januari 2018.
Observasi di Surabaya 12 Juni 2017.

PENULISAN DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka atau bibliografi adalah daftar buku atau sumber acuan lain yang mendasari atau menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan artikel ilmiah di  EDUCARE: Journal of Primary Education. Penulisan daftar pustaka menggunakan standar The Chicago Manual of Style 17th edition. Artikel memiliki 10 referensi baru atau lebih dan 60% adalah jurnal. Sebagian besar referensi adalah riset mutakhir dalam lima tahun terakhir. Contoh sebagai berikut:
Banna (al), Jamâl. Nah}w Fiqh Jadîd: Munt}aliqât wa Mafâhîm. Kairo: Dâr al-Fikr al-Islâmî, 1999.
Zehfuss, Maja. Constructivism in International Relations: The Politics of Reality. Cambridge: Cambridge University Press, 2004.
Scaffa, Marjorie E., Maggie Reitz, and Michael A. Pizzi. Occupational Therapy in the Promotion of Health and Wellness. Chicago: American Medical Association, 2010.
Chalmers, A. F. Apa itu yang Dinamakan Ilmu? Suatu Penilaian tentang Watak dan Status Ilmu serta Metodenya, terj. Redaksi Hasta Mitra. Jakarta: Hasta Mitra, 1983.
Nadîm Marghalî dan Usâmah Marghalî. al-Murshid ilâ Kanz al-‘Ummâl fî Sunan al-Aqwâl wa al-Af‘âl, Vol. 1, H}adîth ke-2454. Beirut: Muassasat al-Risâlah, Cet. Ke-3, 1989.
Sarjuni. Anarkisme Epistemologis Paul Karl Feyerabend, dalam Listiyono Santoso dkk, Epistemologi Kiri. Yogyakarta: ar-Ruzz, 2003.
Panggabean, Samsu Rizal. Dîn, Dunyâ, dan Dawlah dalam Taufik Abdullah, dkk (eds.), Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, Vol. 6. Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve, t.th.
Kurland, Philip B., and Ralph Lerner, eds. The Founders’ Constitution. Chicago: University of Chicago Press, 1987. http://press-pubs.uchicago.edu/founders/.
Faisol, M. “Interpretasi Kisah Nabi Musa Perspektif Naratologi al-Qur’an”, Islamica: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 11, No. 2 Maret 2017.
Hilmy, Masdar The Politics of Retaliation: the Backlash of Radical Islamists to the Deradicalization Project in Indonesia. Al-Jamiah: Jurnal of Islamic Studies, Vol. 51, No. 1 (2013), 129.
Hikam, Muhammad AS. NU dan Gerakan Civil Society di Indonesia, Suara Pembaruan, 03 Agustus 1994.
Sâlih, Hâshim. “Jamâl al-Bannâ bayn al-Is}lâh} al-Dînî wa al-Tanwîr” dalam www.assyarqalawsat .com/24 Mei 2004 /diakses 20 Juni 2008.
Hamim, Thoha. Moenawar Chalil’s Reformist Thought: A Study of an Indonesian Religious Scholar (1908-1961). Disertasi-McGill University, 1996.
Muhammad Zaki, Wawancara, Sidoarjo 15 Januari 2017.
Observasi di Surabaya 12 Juni 2017.
Q.S. al-Fâtih}ah [1]: 4.
Perjanjian Baru, Yoh. 20: 31.

untuk Informasi lengkap penulisan di EDUCARE: Journal of Primary Education bisa dilihat di Tempalte Juornal