Pembelajaran Edutainment Dalam Penanaman Karakter Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35719/10.35719Keywords:
Pembelajaran, Edutainment, Karakter Cinta Tanah AirAbstract
Konsep edutainment mencoba memadukan antara pendidikan dan hiburan, yang didalam konsep edutainment tersebut terdapat beberapa pendekatan yang lebih kita kenal sebagai SAVI (Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual). Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Library research, yaitu jenis penelitian yang dilakukan dan difokuskan pada penelaahan, pengkajian dan pembahasan literature-literatur, baik klasik maupun modern. Literature berbahsa arab, inggris, Indonesia dan sebagainya yang ada kaitannya dengan persoalan ini. Penelitian ini bersifat analisis deskriptif. Sumber data penelitian ini yaitu: Sumber primer dari pemikiran Beby De Poter. Sumber skunder meliputi: buku, artikel atau esai yang membahas konsep edutainment, dan buku yang berkenaan dengan konsep psikologi belajar anak, serta buku pendidikan karakter, terutama karakter cinta tanah air. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pembelajaran Edutainment Dalam Penanaman Karakter Cinta Tanah Air Bagi Anak Usia Dini Di Sekolah Dasar, yaitu: menumbuhkan karakter cinta tanah air, memunculkan emosi minat anak seperti rasa senang dan gembira dalam pembelajaran, guru dalam menyampaikan pembelajaran di kelas harus menunjukkan sikap kepedulian terhadap peserta didik. (2) Proses Penanaman Karakter Cinta Tanah Air Bagi Anak Usia Dini Di Sekolah Dasar, yaitu: proses pembelajaran interaksi antara siswa dan guru terbangun suasana menyenangkan, fleksibiltas guru dalam menyampaikan materi menyesuaikan dengan emosi peserta didik, hubungan keakraban dan persahabatan sebagaimana teman sendiri, dan guru memberikan kebabasan berexspresi kepada perserta didik pada saat proses pembelajaran.
References
Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2012.
Baharuddin. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruz , 2009.
Bobby De Porter dan Mike Hernacki. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, terj. Alwiyah Abdurrahman, Bandung: Kaifa, 2002.
Hamruni. Edutainment dalam Pendidikan Islam dan Teori-teori Pembelajaran Quantum. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
Hamruni. Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, 2009.
http://cakheppy.wordperss.com/2011/04/09/metode-edutainment/.
http://gurupkn.wordpress.com/2008/04/27/paradigma-baru-dalam-pendidikan-dan- pembela jaran-learning-is-fun/.
Indrawati dan Wawan Setiawan. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, Untuk Guru SD (pdf). Jakarta: PPPPTK IPA, 2009.
Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.
Rahman, Arief. "Edutainment sebagai Sarana Pendukung Pendidikan Berbasis Kompetensi" pada tanggal 27 Mei 2009.
Sagala, Syaiful. Kemampuan Professional Guru Dan Kependidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.
Sardiman, A.M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, cet. III. Jakarta: Rajawali Pers, 1990.
Sekar D A, Savitri W dan M Kanzunnudin. Implementasi Pembelajaran Berbasis Ethno-Edutainment Untuk Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 9, No. 2, 2019.
Suyono. Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rosda karya, 2015.
Tohirin MS, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.
www.batikyogya.wordpress.com diakses pada tanggal 07 Januari 2020.
Yusuf, Syamsul. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosda, 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 EDUCARE: Journal of Primary Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dari karya secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam EDUCARE: Journal of Primary Education yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-Share-Alike (CC BY-SA).
Semua Informasi yang terdapat di EDUCARE: Journal of Primary Education bersifat akademik. EDUCARE: Journal of Primary Education tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalahgunaan informasi dari situs ini.