Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Bagon Puger Jember
DOI:
https://doi.org/10.35719/10.35719Keywords:
Penilaian Autentik, Pembelajaran TematikAbstract
Penilaian autentik ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan guru serta menggambarkantugas-tugas riil bagi siswa untuk menghasilkan pengetahuan, sikap dan keterampilan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Focus penelitian ini (1) bagaimana penilaian kompetensi sikap pada pembelajaran tematik di MI Darussalam 01 Bagon Puger Jember? (2) bagaimana penilaian kompetensi pengetahuan pada pembelajaran tematik di MI Darussalam 01Bagon Puger Jember?, (3) bagaimana penilaian kompetensi keterampilan pada pembelajaran tematik di MI Darussalam 01 Bagon Puger Jember? Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (a) penilaian kompetensi sikap meliputi sikap jujur dan disiplin, dimana mudah didalam teori, namun sulit untuk menerapkannya. Tergantung dari guru favorit masing-masing, proses pembelajaran tergantung pada materi pelajarannya, dan juga berkaitan dengan nilai atau norma. (b) Penilaian kompetensi pengetahuan, meliputi: tes tulis, tes lisan, dan penugasan, baik penugasan terstruktur dan tidak terstruktur. (c) Penilaian kompetensi keterampilan meliputi: penilaian kinerja, penilaian proyek, dan penilaian portofolio.
References
Abidin,Yunus. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013.
Abrasy (Al), Muhammad Athiyah. Ruhuttarbiyah Watta’lim, Beirut: Darul Iliya, 1950.
Ann Gravells. Principles and Practice of Assessment in The Life Long Learning Sector, Inggris: Learning Matters, 2009.
Brown, Douglas. Language Assessment Principles and Classroom Practices,San Fransisco: Longman, 2004.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ke-3, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Konsep Penilaian Autentik pada Proses dan HasilBelajar(PPT), dalam https: //docs.google.com/presentation/d/1Z2KmwgPpH4xZ_BTYjndfveOTRPDii8SUmXt3NFRsvu0/edit?pli=1#slide=id.p17
Majid, Abdul. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Majid, Abdul. Pembelaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
Nino Nurjananto dan Ersanghono Kusomo, “Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Untuk Mengukur Kompetensi Peserta Didik Materi Senyawa Hidrokarbon”,Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 9, No. 2, 2015.
Ruslan,dkk.“Kendala Guru Dalam Menerapkan Penilaian Autentik di SD Kabupaten Pidie”,Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 1 Nomor 1, Agustus 2016.
Rusman. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Press, 2015.
Santoso, Budi. “Penilaian Portofolio Dalam Matematika”, Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 1, No. 2, Juli 2007.
Suprananto, Kuseri. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dari karya secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam EDUCARE: Journal of Primary Education yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-Share-Alike (CC BY-SA).
Semua Informasi yang terdapat di EDUCARE: Journal of Primary Education bersifat akademik. EDUCARE: Journal of Primary Education tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalahgunaan informasi dari situs ini.