The Religion-Based Fun School Model Perspective of Peter L. Berger: (Studies at MIN 2 and SDK Sang Timur Sumenep)

Authors

  • Iwan Kuswandi STKIP PGRI Sumenep
  • Ahmad Yasid STKIP PGRI Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.35719/educare.v3i2.123

Keywords:

Fun School, Peter L Berger, Elementary School

Abstract

This paper describes the externalization, objectivity, and internalization of schools of elementary fun school. This Islamic Elementary School (MIN 2) represents the Islamic schools, and the Christian Elementary School (SDK) Sang Timur Sumenep school represents Christian schools. This study used a case study to collect observational data, interviews, and documentation; the results of the research findings were analyzed using The Social Reality Construction of Peter L Berger's theory. The conclusion from the discussion above is the form of externalization carried out in the two schools above regarding a positive school culture. In contrast, in terms of objectivity, it can be seen from the excellent running in terms of Organizational Structure and Work Procedures (SOTK) there is clarity of discipline for both teachers and students. In terms of internalization, the moral and personality aspects of students are more excellent than the two schools.

Fokus tulisan ini untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi sekolah menyenangkan di sekolah MIN 2 Sumenep yang merupakan sekolah representasi agama Islam, dan sekolah SDK Sang Timur Sumenep, yang merupakan representasi sekolah Kristen. Penelitian ini menggunakan studi kasus, dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, hasil temuan penelitian dianalisa menggunakan teori Konstruksi Realias Sosial Peter L Berger. Kesimpulan dari pembahasan di atas, bahwa bentuk eksternalisasi yang dilakukan pada kedua sekolah di atas, dalam hal kultur sekolah yang positif, sedangkan dalam hal objektivasi terlihat dari berjalannya dengan baik dalam hal Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK), adanya kejelasan tata tertib baik bagi guru maupun siswa. Dalam hal internalisasi, aspek moral dan aspek kepribadian siswa sangat baik yang dimiliki oleh kedua sekolah tersebut.

References

Berger, Peter L. Langit Suci: Agama Sebagai Realitas Sosial. Jakarta: LP3ES, 1991.

Berger, Peter L, and Thomas Luckmann. Tafsir Sosial Atas Kenyataan Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan. Jakarta: LP3ES, 2013.

Bungin, Burhan. Konstruksi Sosial Media Massa:Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi Dan Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter L. Berger Dan Thomas Luckmann. Jakarta: Kencana, 2008.

Dharma, Ferry Adhi. “Konstruksi Realitas Sosial: Pemikiran Peter L Berger Tentang Kenyataan Sosial.” Kanal Jurnal Ilmu Komunikasi 7, no. 1 (2018).

Fahmi, Hamid. Tantangan Sekularisasi Dan Liberalisasi Di Dunia Islam. Jakarta: Khairul Bayan, 2004.

Fazzilah, Evi, Kiki Nia, Sania Effendi, and Rina Marlina. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 04, no. 02 (2020): 1034–43.

Hasbiansyah, O. “Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian Dalam Ilmu Sosial Dan Komunikasi.” Mediator 9, no. 1 (2008): 163–80.

Karman. “Konstruksi Realitas Sosial Sebagai Gerakan Pemikiran: Sebuah Telaah Teoretis Terhadap Konstruksi Realitas Peter L. Berger.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Komunikasi Dan Informatika 5, no. 3 (2015): 11–23.

Kuswandi, Iwan. “Logika Kebahagiaan Mahasantri Di Pesantren (Studi Kasus Di Kampus IDIA Prenduan Sumenep Madura).” Al-Balagh?: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 2, no. 2 (December 30, 2017). https://doi.org/10.22515/balagh.v2i2.992.

Parera, Frans M. “Menyingkap Misteri Manusia Sebagai Homo Faber.” In Tafsir Sosial Atas Kenyataan Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan. Jakarta: LP3ES, 2013.

Poloma, Margaret M. Sosiologi Kontemporer. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada, 2004.

Sulaiman, Aimie. “Memahami Teori Konstruksi Sosial Peter L Berger.” Society 6, no. 1 (2016).

Supraja, Muhamad, and Nuruddin Al Akbar. Alfred Schutz: Pengarusutamaan Fenomenologi Dalam Tradisi Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2020.

Turner, Bryan S. Teori Sosial Dari Klasik Sampai Postmodern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Zulkardi, Z., and A. W. Kohar. “Designing PISA-Like Mathematics Tasks in Indonesia: Experiences and Challenges.” Journal of Physics: Conference Series 947, no. 1 (2018): 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012015.

Downloads

Published

2022-12-24

How to Cite

Kuswandi, I. ., & Yasid, A. . (2022). The Religion-Based Fun School Model Perspective of Peter L. Berger: (Studies at MIN 2 and SDK Sang Timur Sumenep). EDUCARE: Journal of Primary Education, 3(2), 175-196. https://doi.org/10.35719/educare.v3i2.123