Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran PPKN di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember
DOI:
https://doi.org/10.35719/10.35719Keywords:
Internalisasi, Nilai Nasionalisme, Pembelajaran PPKNAbstract
Nilai-nilai Nasionalisme yang diterapkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember seringkali terkesan dikesampingkan. Hal ini dilihat dari kurangnya kesadaran peserta didik terhadap nilai moral dan Nasionalisme, seperti tidak mentaati peraturan sekolah, tidak menghargai teman, membolos, tidak mampu menghafal sila pancasila serta lagu Indonesia raya. Masih dijumpai peserta didik berperilaku dan bersikap belum baik atau masih rendah terhadap nilai-nilai nasionalisme. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Strategi internalisasi nilai nasionalisme pada pembelajaran PPKN di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember. 2) Penerapan nilai karakter nasionalisme yang dilakukan pada pembelajaran PPKN di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi internalisasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran PPKN ini adalah mamasukkan nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran PPKN melalui pendekatan-pendekatan yang mampu diterima oleh peserta didik agar peserta didik bisa menjadi warga negara yang baik dan bisa memberikan kontribusi dalam memajukan bangsanya dimasa depan. 2) Penerapan nilai karakter nasionalisme dalam pembelajaran PPKN melalui mediator keteladanan guru dan kegiatan praktik langsung melalui pengalaman belajar seperti model pembelajaran, metode pembelajaran, bahan ajar, dan evaluasi pembelajaran. Perilaku berkarakter nasionalis yang diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah oleh siswa yaitu disiplin, cinta tanah air, semangat kebangsaan, cinta damai, peduli lingkungan, menghargai prestasi, dan toleransi.
References
Adisusilo, Sutarjo. Pembelajaran Nilai Karakter: Konstruktiisme dan CT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Fathurrohman, Pupuh. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama, 2013.
Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2012.
Harahap, Asriana. “Implementasi Nilai Nilai Karakter Pada Pembeljaran PPKN”, Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (Online), Vol.1 No.1, 2018.
Koesoema, Doni. Pendidikan Karakter Strategi Pendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo, 2007.
Mathew, Miles, B.A. Michael Huberman, dan Johny Saldana. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. America: Arizona State Unversity, 2014.
Mulyana, Rahmat. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: CV Alfabeta, 2014.
Mulyasa, E. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Rodliyah. Pendidikan & Ilmu Pendidikan. Jember: STAIN Jember Press, 2013.
Rukmana, Nana. Strategi Partnering. Semarang: Alfabeta, 2006.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Susanto, Ahmad. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group, 2006.
US, Supardi. “Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi”. Jurnal Formatif (Online), Vol. 2 No.2. 2012.
Utomo, Eko Prasetro. “Internalisasi Karakter Nasionalisme”. Jurnal Formatif Online. Vol. 2 No. 2, 2012.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dari karya secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam EDUCARE: Journal of Primary Education yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-Share-Alike (CC BY-SA).
Semua Informasi yang terdapat di EDUCARE: Journal of Primary Education bersifat akademik. EDUCARE: Journal of Primary Education tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalahgunaan informasi dari situs ini.