Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah KAHASRI Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Allifatur Rohma IAIN Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/10.35719

Keywords:

Implementasi, Kurikulum 2013, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah KAHASRI merupakan lembaga yang ditunjuk oleh Kementerian Agama RI untuk melaksanakan Kurikulum 2013 atau yang disebut K13 baik pada pembelajaran tematik maupun pembelajaran agama sesuai dengan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 3525 tahun 2017 tentang Penetapan Pelaksanaan Kurikulum 2013. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah KAHASRI Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah KAHASRI Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran  kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah KAHASRI Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019? Hasil penelitiannya adalah: 1) Perencanaan pembelajaran K13, guru di Madrasah Ibtidaiyah KAHASRI Kota Probolinggo membuat perangkat pembelajaran berupa Kalender Pendidikan, RPE, Prota, Promes, Silabus, dan RPP. Dalam pembuatan perangkat pembelajaran ada guru yang membuat perangkat pembelajaran secara individu dan ada yang dengan bersama KKG (Kelompok Kerja Guru). (2) Pelaksanaan pembelajaran K13 di Madrasah Ibtidaiyah KAHASRI Kota Probolinggo memiliki 3 kegiatan yaitu, kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Pada kegiatan pendahuluan diawali dengan memberikan apersepsi, memberikan stimulus/motivasi, menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran. Pada kegiatan inti guru telah melakukan kegiatan saintifik yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi/mengumpulkan, dan mengkomunikasikan. Pada kegiatan penutup dilakukan dengan membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari, merefleksikan materi yang diajarkan, dan memberikan tindak lanjut berupa penugasan. (3) Evaluasi pembelajaran K13 di Madrasah Ibtidaiyah KAHASRI Kota Probolinggo menggunakan model penilaian autentik yang meliputi 3 aspek yaitu: aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan.

References

Fadlilah. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran MI/SD, Jakarta: Ar Ruzz Media, 2013.

Majid, Abdul. Pembelajaran Tematik Terpadu, Bandung: Remaja, 2014.

Mulyasa, E. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Nurdin, Syafruddin dan Adriantoni. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Press Rosdajarya, 2016.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 65 Tahun 2013 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kurikulum SMP-MTs.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

Sanjaya, Wina. Perencanaan Pembelajaran dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.

Sunarti dan Rahmawati, Selly. Penilaian dalam Kurikulum 2013: Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah-Langkah Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2014.

Downloads

Published

2019-12-30

How to Cite

Rohma, A. . (2019). Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah KAHASRI Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(1), 49-64. https://doi.org/10.35719/10.35719