Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Faiqotul Laili MI Al Ikhlas Bagorejo Srono
  • Paga Tri Barata Chongraksat Wittaya School Pattani Thailand

DOI:

https://doi.org/10.35719/educare.v2i1.48

Keywords:

Pendidikan, Nilai Agama Islam, Covid-19

Abstract

The inculcation of Islamic religious values ??is an effort to shape the character of students to achieve a degree as a human being who is in accordance with norms, culture and religion. This research describes the process of internalization and the method of cultivating Islamic religious values ??in an unusual situation, namely in the era of the Covid-19 pandemic. In this study, researchers used a qualitative approach, a type of case study with interview and observation data collection techniques. The results of this study indicate that the implementation of student learning in a pandemic situation is carried out in two ways, namely (1) online and (2) offline. The values ??instilled in students include (a) worship, (b) faith and (c) morals. Meanwhile, the methods used by teachers in the process of inculcating Islamic religious values ??during the pandemic were practice methods, guidance methods, and memorization methods.

Keywords: Education, Islamic Religious Values, Covid-19

Penanaman nilai-nilai agama Islam merupakan sebuah upaya dalam membentuk karakter siswa untuk mencapai derajat sebagai manusia yang sesuai norma, budaya serta agama. penelitian ini mendeskripsikan proses internalisasi hingga metode penanaman nilai-nilai agama Islam di situasi yang tidak biasa yakni di era pandemi covid-19. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran siswa dalam situasi pandemi dilakukan dengan dua cara yakni (1) daring dan (2) luring. Nilai-nilai yang ditanamkan kepada siswa meliputi (a) ibadah, (b) keimanan dan (c) akhlak. Sedangkan metode-metode yang digunakan guru dalam proses penanaman nilai-nilai agama Islam selama pandemi adalah metode praktik, metode bimbingan, dan metode hafalan.

Kata Kunci: Pendidikan, Nilai-nilai Agama Islam, Covid-19

References

Abdurrahman. “Meningkatkan Nilai-Nilai Agama pada Anak Usia Dini Melalui Pembinaan Akhlak”, Jurnal Penelitian Keislaman, Vol. 14, No. 1, 2018.

Aji, Rizqan Halal Syah. “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran”, Salam: Jurnal Sosial & Budaya Syar’i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Vol. 7, No. 5, 2020.

Creswell, John W. Penelitian Kualitatif & Desain Riset, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

CNN Indonesia, “Dampak Resesi Corona Mengalir ke Berbagai Sektor” dalam https://cnnindonesia.com/ekonomi/20200908105412-532-543899/dampak-resesi-corona-mengalir-ke-berbagai-sektor/, diakses pada 09 September 2020.

Danim, Sudarwan. Menjadi Peneliti Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia, 2020.

Depdiknas. “Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003”, Jakarta: Sinar Grafika, 2014.

Hudah, Nur. “Penanaman Nilai-Nilai Islam dalam Membentuk Akhlak Mulia Melalui Kegiatan Mendongeng di TK Terpadu Nurul Amal Buyuk Bringkang Menganti Gresik”, Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, Vol. 12, No.2, Juli 2019.

Mendikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/daring, diakses pada 15 Oktober 2020.

Mendikbud, Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19, https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19, diakses pada 1 Oktober 2020.

Saputro, Eko. “Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Kegiatan Cinta Alam”, Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 1, Juni 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2016).

UNESCO, Education Transforms Lives, https://en.unesco.org/themes/education, diakses pada09 September 2020.

Windariyah, Devi Suci. “Kebertahanan Metode Hafalan dalam Pembelajaran Bahasa Arab”, Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 2, Juli 2018.

WHO, “Corona Virus Disease (Covid-19)” dalam https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/question-and-answers-hub/q-a-detail/coronavirus-disease-covid-19, diakses pada 08 September 2020.

Downloads

Published

2021-06-21

How to Cite

Laili, F. ., & Barata, P. T. . (2021). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah . EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(1), 59-74. https://doi.org/10.35719/educare.v2i1.48