Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Hidayah Tegalsari Banyuwangi

Authors

  • Ulfi Khoirotul Ummah Universitas Jember
  • Akhmad Munir Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/10.35719

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Pembelajaran Tematik

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan yang harus dimiliki guru dalam mengelola pembelajaran. Berkaitan dengan pengelolaan Pembelajaran Tematik fakta di sekolah menunjukkan banyak guru belum sepenuhnya mampu mengimplementasikan pembelajaran yang memiliki prinsip mengintegrasikan banyak materi. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru: 1) Memahami peserta didik dalam melaksanakan Pembelajaran Tematik di MI Miftahul Hidayah Tegalsari Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Merencanakan pembelajaran dalam melaksanakan Pembelajaran Tematik di MI Miftahul Hidayah Tegalsari Tahun Pelajaran 2018/2019. 3) Melaksanakan pembelajaran pada Pembelajaran Tematik di MI Miftahul Hidayah Tegalsari Tahun Pelajaran 2018/2019. 4) Mengevaluasi hasil belajar dalam melaksanakan Pembelajaran Tematik di MI Miftahul Hidayah Tegalsari Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan guru memahami peserta didik sudah sesuai indikator kompetensi pedagogik. 2) Kemampuan guru merencanakan pembelajaran sudah sesuai dengan indikator kompetensi pedagogik. 3) Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran ada satu indikator yang perlu diperbaiki. 4) Kemampuan dalam mengevaluasi hasil belajar sudah sesuai dengan indikator kompetensi pedagogik.

 

References

Ahmad Izzan et al. Membangun Guru Berkarakter (Bandung: Humaniora,tt), 31.

E. Mulyasa. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012), 75.

Imanah. Wawancara, Banyuwangi 06 Februari 2019.

Observasi di Banyuwangi 06 Februari 2019.

Permendiknas. UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (Jakarta: Transmedia Pustaka, 2008), 61.

Rifma. Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru (Jakarta: Kencana, 2016),

Rusman. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian (Jakarta: PT Grafindo Persada, 2015), 254.

Sadirman. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Edisi I., Cet, XXII. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014), 166-167.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2016), 216.

Downloads

Published

2019-12-30

How to Cite

Ummah, U. K. ., & Munir, A. . (2019). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Hidayah Tegalsari Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(1), 31- 48. https://doi.org/10.35719/10.35719