Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Word Square Kelas 3 MIS NU 2 Pontianak

Authors

  • Fathurrosi IAIN Pontianak
  • Nikmatur Rohmah IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.35719/10.35719

Keywords:

Model Pembelajaran Word Square, Hasil Belajar

Abstract

PKN Subject is on one of lesson implemented on SD, SMP and SMA to apply student characters and to form the student to understand and love home land also understand global life. The research background of the low student achievement on study still using lecture method, giving assignments, answer and guestion on PKN subject. The purposes of this research: 1.how student achievement on PKN subject before using word sguare model. 2. How student achievement on PKN subject after using calassroom action rescarch with quantitative approach. The sample is the students of class III MIS NU 2 Pontianak.in order to get the data, researcher using observation shett, measurement technique and documentation study.The result concluded: 1.the student achievement before using word square model the average is 53 ( good category ) with KKM > 70 as 5 or 25% and students with KKM < 70 as 15 students or 75%. 2. The student achievement after using word square on cycle 1 is 68,5 ( Better category) with KKM 55%. On the other hands, cycle 11 is 82,5 (Great category ) with KKM 90%.

 

Mata pelajaran PKn salah satu pelajaran yang diterapkan mulai dari SD, SMP dan SMA dengan membekali karakter dan membentuk peserta didik cinta tanah air dan paham dalam kehidupan yang serba global. Rumusan penelitian ini; 1) Bagaimanan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan sebelum menggunakan model pembelajaran word square kelas 3 MIS NU 2 Pontianak. 2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan setelah menggunakan model pembelajaran word square kelas 3 MIS NU 2 Pontianak. Metode dan jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MIS NU 2 Pontianak. Untuk mendapatkan data peneliti menggunakan lembar observasi, teknik pengukuran dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PKn sebelum menggunakan model pembelajaran Word Square diperoleh nilai rata-rata sebesar 53 (kategori cukup) dengan siswa yang tuntas mencapai nilai KKM ? 70 sebanyak 5 atau 25% dan siswa yang tidak tuntas dengan nilai KKM ? 70 sebanyak 15 siswa atau 75%. 2) Hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PKn setelah menggunakan model pembelajaran Word Square pada siklus I sebesar 68,5 (kategori baik) dan siswa yang mencapai KKM sebesar 55%. Sedangkan pada siklus II sebesar 82,5 (kategori sangat baik) dan siswa yang mencapai KKM sebesar 90.

 

References

Abdullah, Sani Ridwan. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013.

Ahmadi, Rulam. Pengantar Pendidikan Asas Dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Arif, Mustofa. Thobroni Muhammad. Belajar dan Pembelajaran. Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruz Media, 2013.

Berlin Sani, Imas Kurniasih. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesional Guru. Yogyakarta: Kata Pena, 2015.

BSNP. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD/MI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Dalam Fathurrosi. Jurnal Raheema. Volume 4 Nomor 1 2017, 2011.

Fathurrosi Dkk. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Bening Pustaka, 2018.

Haitami Salim & Erwin Mahrus. Filsafat Pendidikan Islam. Pontianak: STAIN Pontianak Press, 2010.

Jauhar, Hamiyah. Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi, 2014.

Kementrian Agama RI. Al-Qur`an Dan Terjemahnya. Jakarta: Penerbit Sahifa, 2010.

Kurniasih, Imas. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena, 2015.

Noorhafizah & Robiah. Jurnal Pradigma. Volume 1-Nomor 1, 2016.

Purwanto dan Thobroni. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta; Ar-Ruzz Media, 2015.

Siregar, Syofian. Statistik Deskriptif Untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 2017. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Penilaian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dalam R & D. Bandung: CV. Alfabeta. 2017.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group, 2013.

Suyadi. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Dalam Fathurrosi Dkk. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Yogyakarta. Bening Pustaka, 2018.

Yeni. Yuyun. Uswatun. Model Word Square Untuk Mrningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. http: //jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article .

Downloads

Published

2020-06-22

How to Cite

Fathurrosi, & Rohmah, N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Word Square Kelas 3 MIS NU 2 Pontianak. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 101-118. https://doi.org/10.35719/10.35719