https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/issue/feed EDUCARE: Journal of Primary Education 2021-02-21T15:48:25+00:00 https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie educareiain@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>EDUCARE:<em> Journal of Primary Education,</em></strong> merupakan Jurnal Ilmiah yang fokus menerbitkan dan mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan masalah-masalah pendidikan pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD).</p> <p>EDUCARE:<em> Journal of Primary Education, </em> diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Guru Madrassah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Jember. Terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember). ISSN (print) <a href="http://u.lipi.go.id/1578969897" target="_blank" rel="noopener"><strong>2716-1021</strong></a>, dan ISSN (online) <strong><a href="http://u.lipi.go.id/1578969980" target="_blank" rel="noopener">2716-1013</a></strong> .</p> <p> </p> https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/48 Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di Era Pandemi Covid-19 di MI Al Ikhlas Bagorejo Srono Banyuwangi 2021-02-21T15:48:25+00:00 faiqoh laili faga3barata@gmail.com <p>Penanaman nilai-nilai Agama Islam merupakan sebuah upaya dalam membentuk karakter siswa untuk mencapai derajat sebagai manusia yang sesuai norma, budaya serta agama. penelitian ini mendeskripsikan proses hingga metode penanaman nilai-nilai Agama Islam di situasi yang tidak biasa yakni di era pandemic <em>covid-19</em>. Dalam penelitian ini, peniliti menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran siswa dalam situasi pandemi dilakukan dengan dua cara yakni (1) daring dan (2) luring. Nilai-nilai yang ditanamkan kepada siswa meliputi (a) ibadah, (b) keimanan dan (c) akhlak. Sedangkan metode-metode yang digunakan oleh guru dalam proses penanaman nilai-nilai Agama Islam selama pandemi adalah metode praktek, metode bimbingan dan metode hafalan.</p> Copyright (c) https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/47 PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DARING DI MADRASAH IBTIDAIYAH 2021-02-17T05:01:20+00:00 Tri Budi Wulandani tb.wulandani@gmail.com Rif’an Humaidi humaidirifan79@gmail.com <p>Dalam mempertahankan semangat belajar siswa, guru perlu menjadi motivator dan inisiator selama melaksanakan proses pembelajaran. Guru dapat memanfaatkan media-media belajar yang menunjang pembelajaran daring untuk menjaga motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatan kualitas belajar siswa pada pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Jember. 2) Mendeskripsikan bagaimana peran guru sebagai inisiator dalam meningkatan kualitas belajar siswa pada pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Jember. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian adalah studi kasus. Lokasi penelitian terletak di Madrasah ibtidaiyah Ma’arif Condro Jember. Subjek penelitian adalah Kepala Madrasah, Guru Kelas VB, Siswa dan Orang Tua kelas VB. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Hasil dan kesimpulan penelitian ini adalah : 1) Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kualitas belajar pada pembelajaran daring yaitu dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran, memberikan penguatan, pujian atau apresiasi secara verbal. Guru mendengarkan keresahan dan keinginan siswa agar terjalin ikatan yang baik antara guru dan siswa. 2) Peran guru sebagai inisiator dalam meningkatkan kualitas belajar pada pembelajaran daring yaitu dengan cara memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dan media-media yang berkembang saat ini, seperti <em>Whatsapp, Facebook, Google Meet</em> dan <em>Google Form.</em> Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi ini dapat memudahkan guru dan siswa dalam berkomunikasi.</p> Copyright (c) https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/46 Kesalahan Penggunaan Ejaan KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN PADA PENULISAN SURAT UNDANGAN TIDAK RESMI SISWA KELAS V SDN KRIAN 03 SIDOARJO 2021-02-02T11:41:52+00:00 Isma Dewi Nur Rosyida id.rosyida@gmail.com Hari Satrijono hari.fkip@unej.ac.id Fajar Surya Hutama fajarsurya.fkip@unej.ac.id <p>kesalahan berbahasa adalah penyimpangan-penyimpangan bahasa yang dilakukan penutur secara sistematis dan konsisten. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kesalahan penggunaan ejaan dan penyebab kesalahan penggunaan ejaan dalam menulis surat undangan tidak resmi siswa kelas V C SDN Krian 03 Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V C SDN Krian 03 Sidoarjo dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru siswa, dan hasil menulis surat undangan siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesalahan penggunaan ejaan dalam menulis surat undangan siswa meliputi kesalahan penggunaan huruf kapital dan kesalahan penggunaan tanda baca. Faktor penyebab kesalahan penggunaan ejaan yang dilakukan siswa meliputi, faktor kompetensi, faktor performansi dan pengajaran bahasa yang kurang tepat.<br>Kata kunci: Kesalahan penggunaan ejaan, Surat Undangan</p> Copyright (c) https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/45 Konsep pendidikan Akhkaq menurut Umar bin Achmad Baradja 2021-01-24T15:03:43+00:00 A.alqowim Baisuni qowimadda@gmail.com <p>Umar bin Ahmad Baradja is a pious person and has skill in writing, one of his works is Akhlaq Lil Banin, coupled with mastery of foreign languages ??such as Dutch and English. One of his great works is the book Akhlaq Lil Banin which discusses moral education for children, hereby the author will examine with a different focus and space, the importance of morality in every situation and our morals in everyday life in books in books that are often used as references and guidelines for beginners (mubtadiin) in the world of education, especially in Islamic boarding schools. education. As for daily education, namely: kinds of manners of conversation, kinds of manners when walking, kinds of manners when sitting, and kinds of manners when eating.</p> Copyright (c) https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/44 FASE PERKEMBANGAN ANAK DALAM AL-QURAN DAN HADITS 2021-01-24T08:33:15+00:00 Ika DAmayanti ikadamaiyanti39@gmail.com <p>Perkembangan merupakan hal yang pasti terjadi disetiap orang. Perkembangan terjadi dari masa konsepsi hingga akhir kehidupan seseorang. Fase perkembangan telah banyak dijelaskan dalam buku-buku perkembangan. Perkembangan tidak hanya dibahas di psikologi saja, tetapi fase perkembangan juga ada dibahas didalam&nbsp; Al-Qur’an dan Hadits. Banyak ayat Al-qur’an yang menjelaskan tentang fase perkembangan, begitu juga dengan hadits nabi. Fase perkembangan anak didalam Al-qur’an dan Hadits terbagi menjadi dua fase yaitu fase at-thifl awal (0-7 tahun) dan fase at-tufl akhir (7-15 tahun).</p> <p>&nbsp;</p> Copyright (c) https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/43 KINERJA GURU IPS SMP BERSERTIFIKASI PROFESI BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI GURU DI KABUPATEN BONDOWOSO 2021-01-21T08:07:58+00:00 Umarul Faruq faruq124567@gmail.com <p class="Pa11" style="margin-top: 2.0pt; text-align: justify; text-indent: 19.0pt; line-height: 150%;"><span style="color: black;">Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru IPS SMP bersertifikasi profesi sesudah sertifikasi di Kabupaten Bondowoso, ditinjau dari empat kompetensi, yaitu: (1) Kompetensi Pedagogik, (2) Kompetensi Sosial, (3) Kompetensi Kepribadian, (4) Kompetensi Profesional. Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif dengan populasi penelitian berjumlah 24 orang guru IPS SMP yang bersertifikasi profesi di Kabupaten Lombok Utara. Subjek penelitan ini adalah 24 guru IPS SMP bersertifikasi profesi di Kabupaten Lombok Utara yang dinilai oleh 7 orang kepala sekolah, 14 guru sejawat dan 14 orang siswa. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, dan kuesioner/angket, terdiri atas kuesioner guru sejawat, kuesioner kepala sekolah dan koesioner siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan analisis rentang skor. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tingkat penguasaan kompetensi pedagogik oleh guru IPS SMP bersertifikasi profesi berada pada kriteria sangat tinggi (87,5%). (2) Tingkat penguasaan kompetensi sosial oleh guru IPS SMP bersertifikasi profesi berada pada kriteria sangat tinggi (79,2%). (3) Tingkat penguasaan kompetensi profesional oleh guru IPS bersertifikasi berada pada kriteria sangat tinggi (87,5%). (4) Tingkat penguasaan kompetensi kepribadian oleh guru IPS SMP bersertifikasi profesi berada pada kriteria sangat tinggi (91,7%). </span></p> Copyright (c) https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/42 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia-Anak 2021-01-17T12:48:10+00:00 Eka Zulfianita ekazulfianita11.ez@gmail.com Subiyantoro subiyantoro@gmail.com <p>Humans are God's most glorious creation. Through the intellect of His giving, humans became caliphs on earth. Carry out the mandate to maintain the balance of nature and fight damage (amar ma'ruf nahi munkar). In the course of human life, there are two psychological processes that occur, namely growth and development. This study intends to examine the two processes that occur in human life (growth and development) in the world of education and aims to provide explanations for educators (teachers) so that they can understand well about the growth and development of children during the teaching and learning process in the classroom.</p> <p>The method used in this research is library research. Namely research carried out through collecting data or scientific writing. Literature review is mandatory in research if it aims to develop theoretical or practical aspects.</p> <p>The analysis obtained in this study shows that growth is a quantitative physical change involving an increase in biological size and structure. Such as increasing weight, length, physical strength and the more perfect the nervous system system. Meanwhile, development is a series of progressive changes that occur as a result of a process of maturity, experience and consists of a series of changes that are both qualitative and quantitative in nature. Knowledge related to growth and development in children is very much needed by an educator, because the task of an educator, in addition to providing stimulation to students to develop the skills and knowledge of their students, we (educators) should also pay attention to the level or stages of child development.</p> <p>&nbsp;&nbsp;</p> Copyright (c)