EDUCARE: Journal of Primary Education https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie <p><strong>EDUCARE:<em> Journal of Primary Education,</em></strong> merupakan Jurnal Ilmiah yang fokus menerbitkan dan mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan masalah-masalah pendidikan pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD).</p> <p>EDUCARE:<em> Journal of Primary Education, </em> diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Guru Madrassah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Jember. Terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember). ISSN (print) <a href="http://u.lipi.go.id/1578969897" target="_blank" rel="noopener"><strong>2716-1021</strong></a>, dan ISSN (online) <strong><a href="http://u.lipi.go.id/1578969980" target="_blank" rel="noopener">2716-1013</a></strong> .</p> <p> </p> en-US <h2 style="text-align: justify;">Copyright Notice</h2> <div class="page"> <p style="text-align: justify;">Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dari karya secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.</p> <p style="text-align: justify;">Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.</p> <p style="text-align: justify;">Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam EDUCARE: Journal of Primary Education yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.</p> <p style="text-align: justify;">Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-Share-Alike (CC BY-SA).</p> <p style="text-align: justify;">Semua Informasi yang terdapat di EDUCARE: Journal of Primary Education bersifat akademik. EDUCARE: Journal of Primary Education tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalahgunaan informasi dari situs ini.</p> </div> educareiain@gmail.com (https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie) karimaldanief@gmail.com (abdul karim) Wed, 23 Dec 2020 11:04:48 +0000 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 “PENGEMBANGAN BAKAT MINAT SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL MUNA KESILIR BANYUWANGI” https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/56 <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p>Setiap peserta didik memiliki potensi yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain, karena setiap orang memang dilahirkan dengan berbagai bakat yang berbeda-beda dan telah membawa fitrahnya masing- masing, yaitu fitrah baik yang mendorong bertauhid maupun fitrah lainnya dalam bentuk berbagai potensi bawaan seperti bakat, kemampuan intelektual dan lain-lain.</p> <p>Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus, Adapun tehnik yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi tehnik dan sumber.</p> <p>Hasil penelitian bahwa dalam pemetaan bakat minat&nbsp; di MI Miftahul Muna melalui perekrutan terlebih dahulu yaitu siswa bisa memilih dan mendaftarkan diri mengikuti program&nbsp; ekstrakurikuler. Adapun program ekstrakurikulernya meliputi drumband, tari, qiroat, pramuka, Pencak Silat, Catur, Bola Volly, Sepakbola, hadrah, menyanyi, tata busana, tata boga, dan kaligrafi. Perencanaan bakat minat melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, selain itu juga menyiapkan tenaga ahlinya dalam hal ini guru&nbsp; Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Muna&nbsp; yang berkompeten dibidangnya serta siswa yang direkrut melalui pendaftaran ekstrakurikuler. Kecuali drum band dalam hal ini mendatangkan tenaga ahli dari luar. Pelaksanaan pengembangan bakat dan minat di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Muna Kesilir Banyuwangi yaitu dilaksanakan seminggu sekali setiap hari jum’at kecuali drumband setiap hari jum’at dan minggu serta kondisional jika&nbsp; mau tampil pada event-event tertentu menyesuaikan jadwal pelatih bisa atau tidak. Pengawasan dilakukan secara langsung pada saat kegiatan dan ada pula yang dilakukan dengan cara tidak langsung seperti yang dilakukan di kegiatan drumband ini karena mendatangkan pelatih dan dilaporkan ke Kepala Madrasah.</p> Khoirun Nisa Copyright (c) https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/56 Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Using https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/55 <p>Strategi yang dapat digunakan dalam membentuk karakter yaitu melalui kurikulum muatan lokal yang bertujuan untuk membangun rasa kecintaan dan melestarikan budaya daerah, muatan lokal yang terdapat di Banyuwangi yaitu muatan lokal bahasa Using. Tujuan penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan perencanaan kurikulum muatan lokal bahasa Using dalam pembentukan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Fatah Sraten Banyuwangi, 2) Mendeskripsikan implementasi kurikulum muatan lokal bahasa Using di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fatah Sraten Banyuwangi , 3) Mendeskripsikan faktor penghambat dari implementasi kurikulum muatan lokal bahasa Using dalam pembentukan karakter siswa&nbsp; di Madrasah Ibtidaiyah Al Fatah Sraten Banyuwangi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh antara lain: 1) Perencanaan kurikulum muatan lokal bahasa using terdiri dari RPP dan silabus. 2) Implementasi kurikulum muatan lokal bahasa Using lebih mengenalkan siswa pada lingkungan sosial dan budaya masyarakat setempat serta menekankan pada pembentukkan karakter melalui nilai-nilai kebudayaan warisan leluhur, nilai karakternya terdiri dari nilai religius, mandiri, nilai gotong royong, nasionalis, integritas. 3) Faktor penghambatnya yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu intelegensi siswa, sedangkan faktor eksternal yaitu metode pembelajaran dan lingkungan keluarga.</p> <p><strong>Kata Kunci: implementasi, muatan lokal, bahasa using, karakter.</strong></p> ahmad muchlis widiawan muchlis Copyright (c) https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/55 Implementasi Model Pembelajaran Take and Give Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di MI Ar-Rahim Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/54 <h1>Abstrak</h1> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p>Penelitian ini adalah hasil penelitian yang menggambarkan tentang implementasi model pembelajaran <em>Take and </em>Give pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Ar-Rahim Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Proses pembelajaran tersebut meliputi 3 tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Model pembelajaran <em>take and give</em> merupakan salah satu tipe yang menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling membantu dan menguasai materi pelajaran guna pencapaian prestasi yang maksimal, sehingga dapat mengoptimalkan partisipasi siswa, setiap siswa dikondisikan untuk saling bekerja sama dengan siswa lain dan memberikan kesempatan untuk saling berbagi informasi materi pelajaran yang didapatnya serta dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa.</p> <p>Adapun penelitian ini bertujuan untuk menjawab Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana persiapan dalam mengimplementasikan model pembelajaran <em>Take and </em>mata pelajaran IPS kelas V di MI Ar-Rahim Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember? 2. Bagaimana proses dalam implementasi model pembelajaran <em>Take and Give</em> mata pelajaran IPS kelas V di MI Ar-Rahim Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember? 3. Bagaimana evaluasi dalam mengimplementasikan model pembelajaran <em>Take and Give</em> mata pelajaran IPS kelas V di MI Ar-Rahim Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember?.</p> <p>Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala &nbsp;Sekolah, Guru dan Siswa kelas V mata pelajaran IPS kelas V di MI Ar-Rahim, dan dokumen penunjang lainnya.</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukkan: 1. Implementasi model pembelajaran <em>Take and Give</em> pada tahap persiapan sudah memenuhi segala persiapan dengan baik. 2. Proses pelaksanaan pembelajaran dikelas membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dan siswa menjadi lebih aktif. 3. Pada tahap evaluasi semua siswa telah mencapai kriteria penilaian dalam 3 aspek penilaian yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Kata Kunci: Implementasi, Model Pembelajaran Take and Give</em></strong></p> <p>&nbsp;</p> Agus Zainudin Copyright (c) https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/54 Optimalisasi Model ARCS dalam Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MI At-Taqwa Bondowoso https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/53 <p>Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa komponen yang saling berinteraksi salah satunya strategi pembelajaran. Motivasi merupakan salah satu faktor yang turut serta menentukan hasil belajar dan tercapainya tujuan pembelajaran. Motivasi belajar seringkali menjadi aspek yang diabaikan dari strategi pembelajaran. Tujuan penulisan jurnal ini adalah; Menjelaskan optimalisasi model pembelajaran ARCS sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik khususnya dalam pembelajaran Tematik di MI At-Taqwa Bondowoso. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Kesimpulan penulisan makalah ini adalah Model ARCS dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik baik digunakan sebagai model pembelajaran dan alat ukur tingkat motivasi belajar peserta didik. Mempertahankan dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik menjadi hal yang sangat penting dalam mendukung tercapainya tujuan pembelajaran.</p> sinta yulis Copyright (c) https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/53 Implementasi pembelajaran fiqih Materi Sholat Dengan Media Audio Visual Bagi Siswa-Siswi Madrasah Ibtidaiyah https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/52 <p style="text-align: justify;">Madrasah Inbtidaiyah yang berkarakter khusus yaitu pendidikan karakter berciri khas Ahlus sunnah waljama’ah merupakan lembaga pendidikan Islam yang sangat memperhatikan pelajaran agama dan kearifan lokal. beberapa program unggulan menjadi daya tarik bagi masyarakat sekitar sehingga banyak yang mendaftarkan putra-putrinya menimba ilmu di lembaga Madrasah Ibtidaiyah. program unggulan yang ada di antaranya adalah pembelajaran pembiasaan terhadap siswa untuk senang melaksanakan kegiatan yang sholat sifatnya sunnah apalagi yang wajib adalah untuk&nbsp; membentuk siswa lebih disiplin dalam menjaga waktu khususnya dalam shalat, serta memantapkan aqidah dan meningkatkan ibadah siswa Madrasah Ibtidaiyah Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah:</p> <p style="text-align: justify;">1). Bagaimana Perencanaan Pembelajara fiqih bab sholat melalui media audio visual bagi siswa-siswi Kslas IV Madrasah Ibtidaiyah 2). Bagaimana Pelaksanaan pembelajara fiqih bab sholat melalui netode audio visual bagi siswa-siswi Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah 3). Bagaimana evaluasi pembelajaran fiqih bab sholat bagi siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah</p> <p style="text-align: justify;">Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini dilakukan secara <em>purposive</em>. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model analisis data Miles dan Huberman, meliputi: Kondensasi Data (<em>Condensation</em>), Penyajian Data (<em>Display), </em>Penarikan Kesimpulan ( <em>Conclusions Drawing). </em>Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.</p> <p style="text-align: justify;">Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1) perencanaan meliputi guru menyusun jadwal materi selama satu tahun, menentukan target pembelajaran, menentukan media yang digunakan, menentukan metode praktikum. 2) pelaksanaan: melakukan pengaturan siswa,menjelaskan materi fiqih melalui audio visual, dan melaksankan praktikum. 3) evaluasi ada dua yaituevaluasi formatif dan sumatif, meliputi evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi output.</p> sodikin sodikin, Khotim Ashom Copyright (c) https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/52 IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/51 <p><em>Reward dan punishment merupakan alat pendidikan yang strategis dan tepat untuk dijadikan alat pembelajaran. Pemahaman ini berangkat dari pernyataan bahwa peserta didik merupakan objek sekaligus subyek dari pendidikan, sehingga mutu pendidikan yang akan dicapai tidak terlepas dengan ketergantungan terhadap kondisi fisik, tingkah laku, dan bakat minat peserta didik. Maka, pemberian stimulus dari pendidik berupa pemberian apresiasi dan hukuman akan sangat mempengaruhi cara berpikir dan tingkah laku peserta didik dalam mencapai tujuan pendidikan karakter yang sudah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi reward dan punishment dalam membentuk karakter disiplin siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi partisipan, wawancara tak berstruktur, dan dokumen. Penelitian ini menghasilkan Implementasi reward dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa dilakukan dengan memberikan reward dalam bentuk pujian serta memberikan apresiasi dalam bentuk hadiah. Implementasi punishment dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa dilakukan dengan cara memberi peringatan secara bertahap, memberi teguran spontan dan surat peringatan tertulis. Evaluasi implementasi reward dan punishment dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa adalah menggunakan evaluasi proses, yaitu penilaian yang dilakukan di saat proses pembelajaran berlangsung dengan mengamati dari sikap siswa sehari-hari ketika berada di lingkungan madrasah.</em></p> sitinurfadilah Copyright (c) https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/51 ABSTRAK Setiap peserta didik memiliki potensi yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain, karena setiap orang memang dilahirkan dengan berbagai bakat yang berbeda-beda dan telah membawa fitrahnya masing- masing, yaitu fitrah baik yang mendorong berta https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/50 <p>Setiap peserta didik memiliki potensi yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain, karena setiap orang memang dilahirkan dengan berbagai bakat yang berbeda-beda dan telah membawa fitrahnya masing- masing, yaitu fitrah baik yang mendorong bertauhid maupun fitrah lainnya dalam bentuk berbagai potensi bawaan seperti bakat, kemampuan intelektual dan lain-lain.</p> <p>Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus, Adapun tehnik yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi tehnik dan sumber.</p> <p>Hasil penelitian bahwa dalam pemetaan bakat minat&nbsp; di MI Miftahul Muna melalui perekrutan terlebih dahulu yaitu siswa bisa memilih dan mendaftarkan diri mengikuti program&nbsp; ekstrakurikuler. Adapun program ekstrakurikulernya meliputi drumband, tari, qiroat, pramuka, Pencak Silat, Catur, Bola Volly, Sepakbola, hadrah, menyanyi, tata busana, tata boga, dan kaligrafi. Perencanaan bakat minat melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, selain itu juga menyiapkan tenaga ahlinya dalam hal ini guru&nbsp; Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Muna&nbsp; yang berkompeten dibidangnya serta siswa yang direkrut melalui pendaftaran ekstrakurikuler. Kecuali drumband dalam hal ini mendatangkan tenaga ahli dari luar. Pelaksanaan pengembangan bakat dan minat di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Muna Kesilir Banyuwangi yaitu dilaksanakan seminggu sekali setiap hari jum’at kecuali drumband setiap hari jum’at dan minggu serta kondisional jika&nbsp; mau tampil pada event-event tertentu menyesuaikan jadwal pelatih bisa atau tidak. Pengawasan dilakukan secara langsung pada saat kegiatan dan ada pula yang dilakukan dengan cara tidak langsung seperti yang dilakukan di kegiatan drumband ini karena mendatangkan pelatih dan dilaporkan ke Kepala Madrasah.</p> <p>&nbsp;</p> <p><em>Kata kunci: manajemen, bakat minat</em></p> <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> Khoirun Nisa, lailatul usriyah Copyright (c) https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/50