Proses Review

Tinjauan Umum

Setiap artikel yang dikirim oleh penulis akan direview setidaknya oleh dua orang reviewer. Proses review menggunakan kebijakan double-blind review, dimana identitas penulis dan reviewer akan tetap disimpan secara anonim. Keputusan untuk publikasi, perubahan, atau penolakan berdasarkan pada laporan/rekomendasi dari reviewer.
Dalam proses peninjauan, pengulas mempertimbangkan korespondensi judul, abstrak, diskusi (temuan) dan kesimpulan. Selain itu, pengulas juga memeriksa kebaruan, dampak ilmiah, dan referensi yang digunakan dalam pembuatan tulisan artikel ini.

Seluruh artikel yang masuk akan dilakukan review minimal dua orang reviewer, dan hasil review akan dipublikasikan setelah mendapat persetujuan dari dewan penyunting.

Hal yang perlu diperhatikan oleh penulis;

  1. Naskah yang dikirim ke EDUCARE: Journal of Primary Education merupakan karya orginal penulis
  2. Penulis tidak boleh menyerahkan naskah yang sama lebih dari satu jurnal secara bersamaan;
  3. Setiap konflik kepentingan harus dinyatakan dengan jelas;
  4. Sumber data yang digunakan dalam pengembangan naskah diakui;
  5. Semua kesalahan yang ditemukan dalam naskah setelah penyerahan harus segera dikomunikasikan kepada Editor.

Desk Review;

Pada tahap desk review, naskah akan diperiksa untuk memastikan telah memenuhi pedoman penulisan, fokus, dan ruang lingkup EDUCARE: Journal of Primary Education dengan kualitas naskah akademik yang sangat baik. Jika tidak memenuhi syarat, penulis diberi kesempatan untuk merevisi naskahnya sesuai kriteria yang diberikan. Namun, jika naskah yang dikirim tidak sesuai dengan fokus dan raung lingkup  EDUCARE: Journal of Primary Education kemungkinan naskah tersebut akan langsung ditolak.

Kewajiban pengulas/Mitra bestari sebagai berikut berikut;

  1. Semua manuskrip ditinjau secara adil berdasarkan pada konten artikel tanpa memandang jenis kelamin, ras, suku, agama, kewarganegaraan, atau nilai-nilai politik penulis;
  2. Setiap konflik kepentingan yang diamati selama proses peninjauan harus dikomunikasikan kepada Editor;
  3. Semua informasi yang berkaitan dengan hasil naskahhasil review artikel dirahasiakan;
  4. Segala informasi yang mungkin menjadi alasan penolakan publikasi naskah harus dikomunikasikan kepada Editor.
  5. Semua komentar konstruktif dan dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas naskah atau membantu penulis memahami kekurangan dan hal yang perlu direvisi terhadap artikel penulis.

Keputusan dan  rekomendasi peninjau sebagai berikut:

  1. Diterima; artinya naskah tersebut dapat diterima untuk diterbitkan di EDUCARE: Journal of Primary Education
  2. Diterima dengan revisi kecil; berarti bahwa manuskrip dapat diterima untuk publikasikan setelah direvisi sebagai tanggapan atas atas catatan dan rekomendasi mitra bestari
  3. Diterima dengan revisi besar; Artinya, kekurangan substantif dalam naskah, seperti analisis data, teori utama yang digunakan, dan penulisan ulang paragraf, perlu direvisi.
  4. Ditolak; Artinya, manuskrip tersebut tidak dapat diterima untuk diproses lebih lanjut di EDUCARE: Journal of Primary Education dengan diberikan ulasan terkait dengan masalah yang sangat mendasar
  5. Keputusan mitra bestari (reviewer) sebagai bahan pertimbangan Dewan Editor untuk menentukan proses selanjutnya dari naskah tersebut.

Tahap Revisi Naskah oleh Author;

Setelah naskah diterima dengan notasi catatan/revisi besar atau kecil, naskah itu akan dikembalikan ke penulis dengan formulir ringkasan hasil catatan dan rekomendasi dari mitra bestari. Untuk naskah yang diterima dengan revisi besar, penulis diberi waktu 4 minggu untuk merevisi artikel sesuai dengan catatan reviewer. Sedangkan untuk naskah yang diterima dengan revisi kecil diberikan waktu 2 minggu untuk revisi. Saat mengembalikan naskah hasil revisi, penulis diwajibkan mengisi dan melampirkan formulir ringkasan ulasan dari pengulas (mitra bestari).

Keputusan terakhir;

Pada tahap ini, naskah akan dievaluasi kembali oleh Tim Editor EDUCARE: Journal of Primary Education untuk melakukan proses cek naskah dan memastikan bahwa penulis telah merevisi sesuai dengan catatan dan rekomendasi tim reviewer. Dalam keputusan akhir ini, naskah masih dapat dikembalikan kepada penulis jika penulis tidak secara serius melakukan revisi sesuai dengan catatan dari tim reviewer/mitra bestari.

Proofreading Artikel;

Setelah naskah dianggap diterima oleh Tim Editor EDUCARE: Journal of Primary Education, maka naskah tersebut akan menjalani proses proofreading untuk menjaga kualitas conten dan kebahasaan artikel.

Konfirmasi Publikasi Artikel Pada Penulis;

Pada tahap ini, desain dan lay out naskah yang sudah sesuai dengan template EDUCARE: Journal of Primary Education akan dikirim kembali ke penulis untuk memastikan bahwa isinya sesuai dengan tulisan penulis. Pada tahap ini juga, penulis dapat merevisi setiap kesalahan ketik yang ditemukan pada naskah akhir. Setelah konfirmasi dari penulis diberikan, Tim Redaksi EDUCARE: Journal of Primary Education akan memproses naskah artikel untuk dipublikasikan secara online di website DUCARE: Journal of Primary Education serta publikasi cetak.